Polres Lampung Tengah Melaksanakan Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkakam Serentak Tahun 2022

Polreslampungtengah.net,.Jajaran Polres Lampung Tengah,Polda Lampung melaksanakan apel pergeseran pasukan (serpas) dalam rangka pengamanan Pilkakam Serentak pada 82 Kampung yang tersebar di 27 Kecamatan wilayah Kab. Lampung Tengah (Lamteng). Selasa (23/8/22).

Apel pergeseran pasukan tersebut dipimpin oleh Bupati Lampung Tengah Hi. Musa Ahmad, S.Sos di lapangan Mapolres Lampung Tengah dan diikuti Kapolres Lamteng, AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, S.I.K., M.Si,Forkopimda,para PJU Polres Lamteng, para Kapolsek jajaran serta para peserta apel gelar pasukan (gabungan Anggota Polres Lamteng, TNI, Sat Brimob, Personel BKO Res Timur, Tuba, Tubaba, Metro, Lampung Utara, Dishub, Pol PP dan linmas ).

Dalam amanatnya, Bupati Musa Ahmad menyampaikan pada tahun 2022 ini, Polres Lampung Tengah melaksanakan pengamanan Pilkakam serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2022.

Berdasarkan perkiraan Intelijen dan analisis situasi Kamtibmas, terjadi peningkatan suhu politik di tingkat lokal yang memunculkan potensi kerawanan antara lain adanya intimidasi, money politik, hoax, hate speech, penyebaran isu sara yang dapat memecah belah persatuan, dan berpotensi menimbulkan konflik sosial.

Pada pengamanan Pilkakam serentak Kab. Lamteng tahun 2022, Polres Lamteng menerjunkan personel sebanyak 729 personel, terdiri dari 409 Personel Polres Lampung Tengah dan 320 personel dari BKO Polres Metro, BKO Polres Lampung Timur, BKO Polres Lampung Utara, BKO Polres Tulang Bawang, BKO Polres Tulang Bawang Barat, BKO Sat Brimob Polda Lampung serta personel dari Kodim 0411/KM.

Para pesonel tersebut selanjutnya akan ditempatkan di 544 TPS pada 82 kampung yang menyelenggarakan Pilkakam serentak. Kemudian untuk pasukan BKO Sat Brimobda Polda Lampung akan di tempatkan di tiga Rayon yaitu Rayon A wilayah Barat, Rayon B wilayah Tengah dan Rayon C wilayah Timur,dua Pleton Dalmas Polres Lampung Tengah siaga di Mapolres serta satu Tim Resmob (tekab 308) bergerak secara mobile ke daerah – daerah yang melaksanakan Pilkakam.

Bupati Lamteng Musa Ahmad berpesan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan yaitu siapkan kondisi mental dan fisik yang baik, agar dapat menampilkan jati diri petugas pengamanan sebagai sosok yang Presisi, pelayan masyarakat, serta penegak hukum yang jujur, adil, transparan dan akuntabel.

Segera lakukan orientasi lapangan, berkoordinasi dan bekerja sama dengan seluruh pihak terkait untuk mengetahui lokasi dan karakteristik TPS yang menjadi tanggung jawabnya masing-masing.

Berikan pengamanan dan pengawalan penuh terhadap logistik pilkakam baik sebelum,saat maupun setelah proses pemungutan suara serta hindari tindakan arogan, pelanggaran maupun penyimpangan yang dilakukan oleh personil pengamanan, patuhi peraturan yang berlaku, dan tunjukan sikap netralitas dan tidak berpihak kepada salah satu calon.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Lampung Tengah AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya menyatakan siap melakukan penegakan hukum sesuai aturan dan tanpa tebang pilih, baik kepada pihak penyelenggara, pelaksana, maupun para calon dan tim sukses,”tegasnya.

“Silahkan laksanakan pesta demokrasi ini dengan aman dan tertib serta tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes). Jika ada pelanggaran dari sisi hukum, kita akan lakukan penegakan hukum sesuai aturan yang berlaku,”ungkapnya.

Pihaknya berharap kita semua saling bersinergi,berkolaborasi dengan melakukan langkah-langkah pencegahan. Sehingga dalam pelaksanaan nanti dapat berjalan lancar,tidak ada konflik atau gejolak lain yang timbul sebelum,pada saat dan setelah masa pemilihan kepala kampung diwilkum Polres Lampung Tengah.‚ÄĚdemikian pungkasnya. (Humas LT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share