Pastikan Unjuk Rasa Damai Berjalan Aman Kondusif, Polres Lampung Tengah Lakukan Pengamanan Di Kantor Bupati Lampung Tengah

Pastikan aksi unjuk rasa (unras) damai oleh warga Kp. Purworejo Kec. Padang Ratu Kab. Lampung Tengah di Kantor Bupati Kab. Lampung Tengah dan Kantor Inspektorat Kab. Lampung Tengah berjalan aman dan kondusif, Polres Lampung Tengah lakukan pengamanan. Rabu (12/10/22) sekira pukul 12.00 Wib.

Pengamanan unjuk rasa damai ini dipimpin Kabag Ops Kompol H.D.Pandiangan,SH.,MH mewakili mewakili Kapolres Lampung Tengah AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya,S.I.K.,M.Si dengan menurunkan personil untuk pengamanan terdiri dari Personil Polres Lampung Tengah, Polwan Polres Lampung Tengah (Tim Negosiator), Anggota kodim 0411/KM, Personil Polsek Jajaran sebanyak 72 Personil serta dari Sat Pol PP Kab. Lampung Tengah sebanyak 30 Personil.

Adapun tuntutan aksi unjuk rasa damai kedua yang dilakukan oleh masyarakat Kp. Purworejo Kec. Padang Ratu lebih kurang 50 orang dengan Koordinator Lapangan (Korlap) sdr. Wagiman didampingi Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi Propinsi Lampung saat menyampaikan orasi didepan Kantor Bupati Lampung Tengah sebagai berikut.

Pertama, Meminta Instansi terkait atau penegak hukum untuk memeriksa pengelolaan anggaran dana desa tahun 2020 s/d tahun 2022 dan menonaktifkan sementara Kakam Purworejo Kec. Padang Ratu Kab. Lampung Tengah.

Kemudian memeriksa harta kekayaan Kakam dan Sekertaris Kampung Purworejo Kec. Padang Ratu yang diduga hasil korupsi dan memeriksa ulang pekerjaan yang bersumber dari anggaran dana desa tahun 2020 s/d tahun 2022.

Mengusut tuntas kegiatan pungli yang dilakukan oleh oknum perangkat Kampung Purworejo dan intimidasi terhadap masyarakat dengan cara mensomasi ( membungkam aspirasi masyarakat ),”kata Kabag Ops.

Lebih lanjut, saat melakukan pengamanan didepan kantor Bupati Lampung Tengah, Kasat Binmas Polres Lampung Tengah memberikan himbauan agar aksi demo dapat menyampaikan aspirasinya dengan baik, tidak melakukan tindakan anarkis serta tetap menjaga situasi yang aman dan kondusif .

Kemudian sekira pukul 12.30 Wib s/d pukul 13.15 Wib, dilakukan pertemuan antara perwakilan warga dengan Pemkab. Lamteng di ruang Sekertariat PPNS kantor Pemkab. Lampung Tengah yang dihadiri oleh Assisten 1 Pemkab. Lampung Tengah Adi Sriyono, Kaban Inspektorat Drs. Kusuma Riyadi, S.Sos, Kaban Kesbangpol Sugandi, Kadis PMK Fathul Arifin, Kabag Ops Polres Lamteng Kompol H.D Pandiangan, Pabung Kodim 0411/KM Mayor Agus Waluyo, Kasat Pol PP Suryana serta Camat Padang Ratu, A. Rahman.

Dalam pertemuan tersebut, beberapa point disampaikan oleh Pemda Kab. Lampung Tengah terkait tuntutan masyarakat, salah satunya terhadap laporan yang telah dibuat oleh Ispektorat Kab. Lampung Tengah tersebut  telah kami tindaklanjuti oleh Pemkab. Lampung Tengah dan tinggal menunggu tanda tangan Bupati Kab. Lampung Tengah.

Terkait penyampaian tersebut, perwakilan warga unjuk rasa bisa menerima atas penyampaian dari pihak Pemkab. Lampung Tengah.

Pada pukul 13.30 Wib, Massa aksi unjuk rasa damai mulai meninggalkan Kantor Bupati Kab. Lampung Tengah dan kembali ke Kp. Purworejo dengan dilakukan pengawalan oleh Polsek Padang Ratu.

”Saya ucapkan terimakasih banyak, kata Wagiman selaku Korlap kepada pihak keamanan sehingga kami dalam menyampaikan aspirasi bisa berjalan dengan aman, tertib dan lancar ”ungkapnya.

Selanjutnya Kabag Ops Polres Lamteng Kompol H.D.Pandiangan melakukan Apel Konsolidasi dengan personil yang melakukan pengamanan,“demikian  pungkasnya. (Humas LT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share