27 April 2021 Kasat Binmas Polres Lampung Tengah Turut Hadiri Giat Pengarusatamaan Moderasi Beragama Guna Meningkatkan Kerukunan Dan Toleransi Beragama.

Kasat Binmas Polres Lampung Tengah Turut Hadiri Giat Pengarusatamaan Moderasi Beragama Guna Meningkatkan Kerukunan Dan Toleransi Beragama.


Notice: Undefined variable: html in /home/u764723429/domains/polreslampungtengah.net/public_html/wp-content/plugins/share-post-on-whatsapp/share-post-on-whatsapp.php on line 42
Spread the love

Polreslampungtengah.net, Kementerian Agama Lampung Tengah terus memprioritaskan program-program terkait pengarusutamaan moderasi beragama, hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementrian Agama H. Farid Wajedi.S.Ag.M.M.Kom.I saat membuka kegitan Pengarusutamaan Moderasi Agama dan Wawasan Kebangsaan Kita Tingkatkan Kerukunan dan Toleransi Beragama, di Aula RM Siang Malam Bandar Jaya, Lampung Tengah.

Kegiatan yang dihadiri Kasat Binmas Polres Lampung Tengah AKP Kurmen Rubiyanto, SH.,MM mewakili Kapolres Lampung Tengah AKBP Popon Ardianto Sunggoro, S.Ik., S.H menyampaikan bahwa agama dan negara sama-sama saling membutuhkan. Relasi keduanya adalah simbiosis mutualisme. Agama memerlukan wadah bangsa, kehidupan kebangsaan memerlukan nilai-nilai agama sebagai panduan, acuan di tengah kehidupan yang beragam.

“Karena bagaimanapun juga para penyelenggara negara perlu dikontrol, diimbangi dengan nilai-nilai agama, agar jalannya pemerintahan tidak kering dan menjaga moderasi beragama, pada hakikatnya juga menjaga Indonesia,” tegas Kurmen.

Saat ini, Kakan Kemenag Lampung Tengah menambahkan, terdapat kecenderungan sebagian orang terjebak pada pengamalan agama yang berlebihan. Dengan mengatasnamakan agama, katanya, sebagian orang menebarkan cacimaki, amarah, fitnah, berita bohong, memecahbelah, bahkan menghilangkan eksistensi kelompok berbeda.

“Untuk itu, kita ingin mereka yang mengamalkan pemahaman agama yang berlebihan itu dapat kembali ke tengah, yang sikap beragamanya dapat memanusiakan manusia,” jelas Menag.

“Agama Islam dengan kebangsaan seperti dua sisi mata uang, berbeda namun keduanya tidak bisa dipisahkan. Islam sebagai ajaran yang kita yakini kebenarannya, memerlukan wadah, tempat di mana nilai-nilai itu bisa diaktualiasikan, agar mewujud dalam kehidupan keseharian, itulah negara bangsa ini,” papar Farid.

Dalam kesempatan tersebut, Kakan Kemenag Lampung Tengah menekankan bahwa guna meningkatkan kerukunan dan toleransi antar umat beragama harus dilakukan semua pihak, baik masyarakat maupun pemerintah. Pemerintah melalui Kementerian Agama, katanya, terus berkomitmen untuk mewujudkan kehidupan keagamaan dan kebangsaan yang sehat demi keutuhan NKRI.

Kegiatan ini berlangsung dengan tetap mengedepankan dan mematuhi protokol kesehatan guna menanggulangi penyebaran virus covid – 19. (SWP)

KLIK DAN LAPORKAN PENGADUAN ANDA KEPADA KAMI