Dengarkan Aspirasi Masyarakat, Wakapolres Lampung Tengah Gelar Jumat Curhat di Padang Ratu

Dekatkan diri dengan masyarakat, jajaran Polres Lampung Tengah Polda Lampung kembali menyelenggarakan kegiatan Jum’at Curhat rutin, bertempat di Balai Kp. Sri Agung Kec. Padang Ratu Kab. Lampung Tengah. Jum’at (3/3/23).

Jumat Curhat sendiri, merupakan program prioritas Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang dilaksanakan dari tingkat Polda, Polres, hingga Polsek di seluruh Indonesia.

Wakapolres Kompol Poeloeng Arsa Sidanu,S.I.K.,M.M mewakili Kapolres Lampung Tengah AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya,S.I.K.,M.Si dengan didampingi para PJU hari ini berkesempatan mengunjungi warganya di Balai Kp. Sri Agung Kec. Padang Ratu Kab. Lamteng untuk mendengar langsung keluh kesah dari masyarakat.

Turut hadir dalam giat tersebut, Kapolsek Padang Ratu Kompol Rahmin, Danramil Padang Ratu Kapten Inf. Suprobo, Forkopimcam beserta para Kakam , Tomas, Toga , Toda se- Kecamatan Padang Ratu,Kecamatan Anak Tuha dan Kecamatan Pubian.

Wakapolres mengatakan, Polri khususnya Polres Lampung Tengah dan Polsek jajaran akan membuka ruang komunikasi seluas-luasnya dengan seluruh elemen masyarakat.

“Sehingga diharapkan kepada masyarakat yang hadir dalam Jumat Curhat ini, untuk bisa memberikan tanggapan dan masukan tentang pelayanan juga kinerja Polri saat ini,”kata Kompol Poeloeng.

Sementara itu, Camat Anak Tuha Chairullah,S.Sos mewakili Camat Padang Ratu menyampaikan ucapan rasa bangga atas terselenggaranya kegiatan Jumat Curhat di wilayah Kecamatan Padang Ratu.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dan bagus sekali bagi warga masyarakat yang ingin menyampaikan unek-unek, aspirasi atau keluh kesah yang ada di masyarakat,”ujarnya.

Kemudian terkait kinerja Polres Lampung Tengah dan Polsek Padang Ratu, sambung Camat Anak Tuha sudah sangat dirasakan begitu nyaman oleh masyarakat, baik dari segi pelayanan, pengungkapan kasus tindak kejahatan maupun Harkamtibmas.

Terlebih dengan adanya peran Bhabinkamtibmas yang begitu dekat dengan masyarakat. Dulu masyarakat awam pasti ketakutan jika ada Polisi datang kerumah, sebab mereka menganggap sosok Polisi ialah sosok yang tegas dan disiplin serta selalu berhubungan dengan masalah hukum.


Namun, paradigma tersebut berubah berkat adanya peran dan sosok anggota Bhabinkamtibmas yang kini semakin dekat kian merakyat.

“Perannya sebagai pelindung,pengayom dan pelayan masyarakat, kini sudah sangat dirasakan oleh masyarakat,”tambahnya.

Selanjutnya, pada sesi tanya jawab ada beberapa hal yang menjadi curhatan warga yang langsung disampaikan kepada Wakapolres Lampung Tengah, salah satunya terkait pelayanan SIM keliling (Simling) maupun Samsat keliling (Samling) yang jarang masuk kewilayah Padang Ratu.

“Tolong pak, untuk pelayanan Simling maupun Samling agar di jadwalkan ke wilayah Padang Ratu, supaya masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan pelayanan dan tidak jauh-jauh ke Gunung Sugih,”kata Prayit selaku Kadus Kp. Sri Agung.

Menindaklanjuti hal tersebut, Wakapolres melalui Kasat Lantas AKP Ipran langsung merespon apa yang menjadi curhatan dari masyarakat.

Kedepan,kata Kasat Lantas kami akan segera menjadwalkan pelayanan Simling maupun Samling khususnya ke wilayah Padang Ratu, sekaligus akan kami sosialisasikan terkait kapan pelaksanaannya,”jelasnya.

Dalam hal ini, Wakapolres menegaskan, kami Polres Lampung Tengah dan jajaran akan selalu berupaya untuk melayani masyarakat secara cepat, tepat dan proporsional.

“Kami juga meminta dukungan peran serta seluruh elemen masyarakat dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang aman kondusif, khususnya di wilkum Polres Lampung Tengah,”ungkapnya.

Terakhir, Wakapolres mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat, agar tidak terpengaruh dan terprovokasi oleh adanya berita bohong (hoax) yang dapat memecah belah persatuan,kesatuan antar masyarakat, mengingat sebentar lagi akan memasuki tahun Politik,”demikian pungkasnya. (Humas LT)