Cegah Banjir, Polsek Selagai Lingga Gotong Royong Bersihkan Bantaran Sungai Tanjung Ratu

Masyarakat bersama TNI-Polri jajaran Polsek Selagai Lingga Polres Lampung Tengah Polda Lampung bergotong royong membersihkan bantaran sungai Kp. Tanjung Ratu Kec. Selagai Lingga Kab. Lampung Tengah untuk mencegah terjadinya banjir. Jum’at pagi (23/12/22).

Terlihat anggota Bhabinkamtibmas Briptu Adi Saputra bersama Bhabinsa Sertu Arisdan dan seluruh warga Kp. Tanjung Ratu begitu kompak bersatu padu membersihkan sampah-sampah plastik,ranting – ranting serta rerumputan yang ada di sekitar bantaran sungai.

“Tumpukan sampah ini dikhawatirkan akan menghambat aliran sungai yang akan mengakibatkan air sungai naik kepermukaan dan banjir, apalagi pada musim hujan seperti sekarang ini,”ujar Bhabinkamtibmas Briptu Adi Saputra

Untuk itu, kami TNI-Polri bersama Camat Selagai Lingga, Dedi Fadilah turun langsung untuk membersihkan sungai dari tumpukan sampah guna mengantisipasi adanya luapan air dimusim penghujan ini,”tambahnya.

Sementara itu, Kapolsek Selagai Lingga Iptu Akmaludin mewakili Kapolres Lampung Tengah AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya,S.I.K.,M.Si mengatakan kegiatan tersebut sebagai wujud sinergitas TNI-Polri dan Pemerintah bersama masyarakat dalam mengantisipasi terjadinya banjir di musim hujan ini.

“Kita lestarikan budaya khususnya semangat gotong royong untuk mempererat tali silaturahmi dan menumbuhkan rasa kebersamaan antara TNI-Polri serta Pemerintah dan masyarakat,”jelasnya.

Gerakan ini, sambung Kapolsek diharapkan mampu memotivasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat lainnya untuk turut menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing.

Selain itu, warga juga diminta untuk tidak membuang sampah sembarangan baik di sungai dan selokan. Sehingga ketika terjadi hujan lebat, air dapat mengalir secara optimal dan tidak menyebabkan genangan yang bisa mengganggu aktivitas masyarakat,”imbaunya.

“Karena genangan air juga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit seperti sarang nyamuk demam berdarah,”tambahnya.

Pihaknya berharap, gerakan ini dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat untuk selalu menjunjung tinggi rasa kebersamaan, kerukunan antar warga sehingga terciptanya situasi Kamtibmas yang aman kondusif diwilayah hukum Polres Lampung Tengah,”demikian pungkasnya. (Humas LT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share